Thursday, February 25, 2016

MENIKMATI INDAHNYA KEBUN STRAWBERRY DAN GOA LAWA PURBALINGGA

Assalaamu 'alaikum...

Selamat siang wahai penduduk bumi yang bercelana. Sudahkah kalian mandi di siang ini? Yang sudah angkat tangannya ke atas, usapkan  ke wajah kekasih kalian. Lantas ucapkan, innalillaahi wa inna ilaihi roo ji'un. 

Baiklah penduduk bumi yang bercelana, kali ini mas Darsono akan menceritakan kisah pengembaraan yang cetar membahana dan terpampang nyata. Pengembaraan yang sangat menantang adrenalin, hanya bisa dilakukan oleh penduduk bumi yang bernyali tinggi. 

Pengembaraan macam apakah itu? Touring naik motor mas broh! *mbuehehehe... Kirain naik janda :P

Touring kali ini bersama keluarga besar SMB (SMK Motor Brother). Sebuah komunitas motor yang digawangi oleh Mbah Darmo (Kebetulan juga mbah Darmo ini salah satu dedengkot di Purwokerto Tiger Brotherhood atau PTB). SMB berkantor, eh berkantor.... Bermarkas di SMK Negeri 1 Banyumas. Makanya namanya SMK Motor Brother. 

Komunitas ini terdiri dari para guru dan karyawan SMK Negeri 1 Banyumas. Lho kok sampeyan bisa ikut mas Son? Sampeyan kan bukan guru/karyawan disana?

SAYA KAN ARTIS... YA JELAS SAYA DITERIMA DIMANA-MANA -LAH!  *PRETT!!


Motor sama orangnya ternyata gede motornya yuah? xixiixi...
sudah tak bilangin kalau mau moto saya baca mantra dulu, malah baca komik..
begini dah jadinya.... muka saya mlengos malah dipoto... kamfrettt!!!
dasar potograper amatiran!

gank SMB....


Mari dilanjut beritanya :)

Touring kali ini, tujuan yang direncanakan sebenarnya ada 4 lokasi, yaitu Kebun Strawberry, Goa Lawa, Museum Jendral Soedirman, dan terakhir waduk Mrican. 

Namun berhubung ada sedikit kendala teknis dan usia (mbuehhee), akhirnya cuman berakhir di Museum Jenderal Soedirman saja. 

Kegiatan diakhiri dengan makan gulai kambing di dukuh Melung Purbalingga (Gule Melung). Kalau sampeyan jalan-jalan ke Purbalingga, gulai Melung ini adalah destinasi kuliner yang wajib dikunjungi. Sayang saya tidak sempat poto-poto disitu. Keburu lapar dan kepengen boker soalnya. hahaha....

Baiklah, kita langsung ke tujuan pertama. Kebun strawberry Purbalingga :)

Kebun Srawberry terletak di sisi timur kaki gunung slamet tepatnya di Pratin, Desa Serang, Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Purbalingga. Pakai google map ajah mas broh. Mantbz dan saya tidak lama-lama nulis disini... *mbahahhaaaaa....

Salah satu daya tarik dari lokasi obyek wisata ini adalah adanya fasilitas ML sendiri, eh..... petik sendiri maksudnya, petik langsung di lokasi perkebunan. Keren mbok? biasa aja keless :)

Pengunjung bisa memetik dan menikmati strawberry langsung dari kebun sambil menikmati pemandangan alam nan menawan, mempesona dan membahana. Namun sayangnya, sampeyan tidak diperbolehkan membawa strawberry keluar dari kebun. Jika berminat membeli strawberry, sampeyan bisa membeli di lokasi yang sudah disediakan. Ingat, jangan nyolong buah strawberry, masih ada buah-buah lain yang habisnya lama. Buah apakah itu? Ah rahasia... inisialnya adalah buah dada! *huekkk

Namun sayang seribu kali ciuman. Pas saya datang kesitu, ternyata sedang tidak musim panen... 

"TIDAAAAKKK!!! "

Teriak saya dalam hati yang pada rindu. Maksud hati kepengin memetik strawberry sembari melihat gadis-gadis cantik, malah belum panen. Kamfrettt.... Niatnya kurang lurus kayaknya nih. Mbuehehe...

Akhirnya yah cuman jalan-jalan sama foto-foto kayak ginian :)


Mohon maaf, kumis saya potong... tapi perut saya tambal dengan aneka buah segar dan kapur tulis...
Six pack sekali kan saya?

Ahh.. sulit sekali menjelaskan ttg wanita yg satu ini..
sudah yah jangan dibahas... malah andon runyek... mbahahaa...

Pemain kethoprak lg nampang... mbuehehe

Yesss.... artis dangdut koplo... wekekekekk

Setelah puas menikmati alam di kebun strawberry sembari minum kopi, kamipun melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata berikutnya, yaitu Goa Lawa alias Goa Kampret alias Goa Kelelawar. #si buta dari Gua Hantu ndak ada disitu kok. Santai saja....

Untuk menuju ke Goa Lawa, tidaklah jauh dari kebun strawberry. Kurang lebih 10 s.d 15 menit perjalanan langsung bisa sampai di goa lawa. Maklum-lah tempatnya masih sama yaitu di sekitar lereng Gunung Slamet.

Goa Lawa di Purbalingga ini termasuk goa yang keren dan manis mas broh. Ya kaya yang punya blog ini. Wahahhaa....

Unik karena memiliki lorong yang panjangnya hampir 1 kilo meter lebih. Selain itu dinding goa yang terbentuk dari bebatuan kars vulkanik sangat elok dipandang mata. Kars vulkanik tersebut diperkirakan terbentuk dari tumpahan lava gunug Slamet beberapa ratus tahun yang silam. 

Lokasi Goa ini sendiri berada di desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten purbalingga, Jawa Tengah. Seperti yang sudah saya beritakan di atas, bahwa goa lawa ini terletak di lereng kaki gunung Slamet.

Mulai masuk ke Goa Lawa broh!

Wuihhh.... menuju lobang masuk goa Lawa

Nampang lagi broh di dalam goa! Mumpung baterry masih buanyaaak :)

Di dalam goa juga ada air yang mengalir dari atas goa. Konon, barang siapa yang mempunyai hajat tertentu, akan terkabul bila mencuci muka di air dalam goa tersebut.

Dan harus dicatat ini, ketika sampeyan mau cuci muka atau cuci apapun disana, nanti ada beberapa pria, biasanya sih dua, yang akan mendoakan sampeyan. Dan kita kudu bayar ke pria tersebut. Hmmmm....  Agak kurang nyaman sih menurut saya. 

Dan satu lagi nih yang juga bikin saya kurang nyaman (ndak tahu yang lainnya), bakul/pedagang yang jualan disitu, terutama yang ngikutin pengunjung sedari mau masuk kegoa sampai keluar goa, sedikit memaksa dalam menjajakan jualannya. Semoga pengelola Goa tersebut semakin profesional dalam memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang berwisata ke goa lawa tersebut. *sing serius ya kang ulih nglola... hehehe...

Oh ya hampir lupa. Goa ini dinamakan goa lawa atau kelelawar karena merupakan tempat bersarangnya kelelawar yang berada di lereng gunung Slamet. Makanya dinamakan goa Lawa alias GOA KELELAWAR....Wuihhh.. syerem.... Mbuehehe...

Sebagai goa lawa, tentu saja banyak kelelawar yang bermukim disitu. Konon kata warga setempat, kelelawar-kelelawar yang banyak jumlahnya itu akan terlihat keluar pada waktu sore hari. Penasaran? Silahkan berkunjung kesana :)

Untuk perjalanan berikutnya, Museum Jenderal Soedirman, tidak banyak yang bisa saya ceritakan disini. Selain karena tempatnya yang sudah tutup karena sudah sore. Faktor dokumentasi juga menjadi salah satu pertimbangan bagi saya untuk memposting disini. *baterry- ne ngedrooopppp!!!!

Di museum tersebut kami cuma sholat Ashar. Setelah itu makan gulai di dukuh Melung :)

Wasssalam :)

26 comments:

  1. Itu tandanya stoberinya udah tw bakal ada kedatangan manusia aneh
    Jadinya dy g mo berbuah mas
    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Kamfret lu nik!

    Itu buah strawberry-nya ndak mau berbuah bukan karena ada manusia aneh, tapi karena gue udah bawa buah nik! Jumlahnya 2!!!!
    pahammmm!!!

    ReplyDelete
  3. strawberry nyaa takuuuuut hhihihihihii

    ReplyDelete
  4. padahal kumis saya udah dipotong bu:)

    Apa perut saya yah yg bikin mereka takut?
    xiixixixixi

    ReplyDelete
  5. wah sayang ga ada foto pas di museum panglima sudirman ya. btw anak saya suka nonton drumband tni purbalingga mas, kebetulan pas dunlut dapetnya itu he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.... baterry kameranya pada "nyungsep" entah kemana... hahahaaa....

      Wah, kapan2 saya upload marching band sekolahan saya ah.... kebetulan sering juara di tk Kabupaten... lumayanlah... hehhe...
      siapa tau ada yg nonton, trus di dunlut.... xixixi

      Delete
  6. pemandangannya baguus, udaranya kayanya adem ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu... pokoknya kalau mulai mendekati kebun strawberry, pemandangannya akan berubah hijau... lereng gunung Slamet soalnya bu :)
      Apalagi jalan yang menuju museum Pangsar Soedirman, wuihhh indah nian... sayang baterray camerany habis.. huhuhhuu... kurang persiapan juga :(

      Adem bu... beberapa destinasi wisata di lereng Gn. SLAMET hawanya uadeeemmm pisaaan... contohnya : kabun strawerry, goa lawa, Baturraden, curug ceheng. :)

      Monggo dikunjungi bu :)

      Delete
  7. touring sambil liburan, wah...marai pengen aja mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih pak broh... mumpung ada uang bensin-nya...
      xixixiixixi....

      Delete
  8. yah saya tadi siang belum mandi Mz, trus saya juga nga punya kekasih :(

    wah kebun stoberi-nya keren yah ada fasilitas ML (Makan Lemper) sendiri. hmm jadi kepengen makan Lemper rasa stoberi deh. Hmm goa nya banyak temen-temen saya yah Mz, maklum temen-temen saya pada nakal. Suka mengisap mentimun kaya Bang Saipul, jadi saya suruh pada masuk di goa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandi sana hai emprettt!!! sudah tak siapin air kembang bersama keranda2 nya sekalian itu... hahahhaaaa....


      ML= Main Lotere.. Yg dapet lotere hadiahnya mijiten kebun strawberrynya :)

      BUkan temen2 elu mprettt.... tapi elu dan kembaran2 elu yg ada di goa-nya!
      Ihhh... suka timun kaya bang iful? OH MY GOD....
      Ndak bertelor dong?

      Delete
  9. buakakakaka asem banget kalimat pembukaannya.
    motornya kereeen, boleh lah ya sekali-kali nebeng pualng pergi ke kampus hehehehe
    apa ngga serem tuh mz di dalam goanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nebeng? WANI OPO??? XIXIIXIXI

      ndak syerem kok... kan banyak hantunya disitu...
      eh!

      Delete
  10. Yang namanya gua, pasti banyak hantunya, tu lagi pada groufi. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah......
      ada satu yg hilang!!!
      kamu.... iya... kamu #terdodit dodit :)

      Delete
  11. Pemandangannya bagus dan pasti sejuk ya mas :)

    Goa kelelawarnya bikin serem, untung pas masuk nggak ada kalongnya ya. Tapi asyik bisa piknik bareng teman dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu... audeme puoollll.... :) kaya di puncak...

      ada kalongnya bu, lagi bergelantungan.. sayang ndak tak poto.. tapi ndak ganggu kok... konon mereka lg bobok :)

      iya, rameeee... apalagi komunitas motor ini digawangi oleh manusia2 lucu... wis pokoke koyo nonton kethoprak humor... hahaaa

      Delete
  12. Waalaikumsalam, sebelumnya salam kenal ya mas..

    Pemandanngannya cakep-cakep, bikin mata jadi seger.
    Sayang banget stroberinya gak panen, kalo gitu beli aja stroberinya dalam bentuk jus, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga :)
      muaf baru bales... lg (sok) sibuk di dunia nyata ini ... hehee...

      Wuah... Indonesia memang cakep.... banyak pemandangan keren2 disini :)
      Iya... salah hari itu... jadinya beli gulai kaki kambing mas broh :) muantabz...

      Delete
  13. Wah mantap mas touringnya...apalagi goa lawa, pengen juga ikutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz.. lumayan mas broh... bisa menghilangkan kepenatan kerja :)
      sini mas broh... ke Purbalingga :)

      Delete
  14. Petik buahnya hampir sama dengan di Agrowisata Batu - Malang yah, Ada strowberry, apel, dan jeruk. Mantap! Gan,,, suasana natural banget, suuuegerrrrr,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya belom pernah ke batu...
      kapan yah kesana?

      Delete
  15. Seger banget ya disana... biasanya ada petik sayur juga. Tapi kok nggak ada foto stroberi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dingin bu :)

      pas kesitu strawberrynya belum pada lahiran bu...
      yaaa... sedikit rugi sich...

      tapi terhibur dg suasana alam yg indah dan segar :)

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...