Monday, May 9, 2016

TRADISI-TRADISI PELAJAR KETIKA LULUSAN

Sebelumnya, sebagai manusia yang berbudi pekerti luhur dan berwibawa, saya ucapkan selamat pada kalian wahai anak-anak kelas dua belas SMA/SMK/MA atau apapun itu yang selevel dengan-nya yang pada tahun ini berhasil lulus. Plok plok plok.... Elu semua kece dari lahir :)

TRADISI LULUSAN
Entah bedebah siapa yang pertama kali mengajari dan mengamalkan perbuatan ini, corat-coret dan pilokisasi pada pakaian, bahkan badan... Wow... 

Dan sekarang, seiring kemudahan mempunyai sepeda motor yang tanpa uang sepeserpun (DP NOL) maka bukan hanya corat-coret dan pilokisasi saja yang menjadi acara ritual tahunan para generasi penerus bangsa ini, melainkan juga konvoi.

Mending kalau konvoinya satu atau dua makhluk saja, lha ini bisa ratusan peserta.

Maklumlah jika sudah berbau kelulusan, entah kenapa sekolah-sekolah yang biasanya murid-muridnya pada bermusuhan, pada tawuran, justru ketika lulusan mereka bersatu padu menggempur jalanan. Ruarrr biasaaahhhh!!!

Sebagai generasi yang agak tuaan dikit, gini-gini saya dulunya gaul lho pas SMA. Bergaul sama penjual jamu, bergaul sama abang-abang becak, dan juga bergaul dengan mamake penjual pecel keliling di kostanku dulu. Pokoke gue gaul banget men!

Pas lulusan SMA dulu, saya juga corat-coret dan konvoi gaes.... Hahahaha...

Konvoi dipusatkan di Baturraden. Keren banget kan? Weka weka!!!

Saya masih ingat betul, waktu itu dengan membonceng teman, maklumlah... saya masih miskol jadi ga punya motor sendiri, saya berkeliling kota Purwokerto. Tak lupa, jika berhenti di salah satu SMA maka saya dan teman-teman SMA saya mengajak anak-anak di SMA itu untuk ikut berkonvoi ria... Dasar propokator! Hahahahaha...

Jujur saja, pada waktu itu yang saya pikirkan hanya happy-happy semata. Pokoknya, ibarat dunia milik anak SMA.Yang laen cuma mandor bangunan. Mbuehehhe...

Faktor lainnya seperti keselamatan dan sebagainya sama sekali tidak saya pikirkan. Pokoknya, this is our day... Hahahahha....

Kami merasa kurang afdhol jika lulusan hanya dirayakan kecil-kecilan... Makan snack di WC sekolah misalnya... Ah, kampungan... Wkkkkkkwwkwkkk

Tapi ya namanya juga generasi muda yang penuh prustasi, apapun dilakukan demi kebahagiaan kami ketika lulusan dahulu, termasuk berkonvoi tanpa memakai helm di kepala. Hanya helm tertentu saja yang saya pakai waktu itu. Mbuehehehe...

Dan ketika Sabtu kemarin saya terhambat pulang (macet coy) karena arak-arakan remaja-remaja putih abu-abu yang merayakan kelulusan itu, maka hati gue mengatakan....

" Gue pernah kek gitu kelessss.... bahkan gue lebih afdhol lagi... Karena gue harus menuntun beberapa teman yang kagak bisa berjalan secara sempurna... Bukan karena kakinya hilang dicuri jablay, tapi karena kebanyakan minum topi miring sama anggur kolesom cap orang itu... Bedebah sekali mereka! Coba kalau gue ikut mabok, kan gue tidak harus nuntun mereka... Kamfret!"

Sungguh, masa lalu yang kelam namun penuh penghayatan...

Tapi kalau gambar yang satu ini kayaknya mereka lebih afdhol dari saya dan teman-teman saya yang mabok sampai cepirit pada waktu lulusan SMA dulu dech....

Sumber : Harian Radar Banyumas hari ini

Bagaimana? Afdhol sekali kan mereka???

Oh ya, sabtu sore kemarin juga banyak anak-anak cewek yang pada pamer paha... Uhuyyy...

Kalian pamer KELULUSAN apa pamer KEMULUSAN hai para betina muda?

Terima kasih yah atas pemandangannya YANG INDAH ITU. wkwkwkwkk...

Entah fenomena apa yang sedang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tapi yang jelas, semua hal ada batasannya. Melalui postingan ini saya juga minta maaf jika pada waktu lulusan SMA saya dulu, banyak pihak yang dirugikan. 

Dan bagi teman-teman yang dulu saya tuntun, "Hey... Dimana kalian? Sini mendekat! Tak antemi siji-siji ngeneh!!!!  Nyusahin gue saja kalian!!! Hahahaha...."

Akhir kata, jadilah generasi yang smart dalam segala bidang. Sekali lagi, selamat atas kelulusan kalian. Semoga cita-cita kalian tercapai.

Ingat, lulusan bukanlah akhir perjuangan. Namun dari tahap inilah kalian akan menghadapi perjuangan hidup yang lebih dahsyat...

Tetap semangat!







33 comments:

  1. saya waktu lulus sma gak ikut-ikutan corat coret mas, karena saya sudah pernah ikutan pas smp dan gak dapet sensasi apa-apa. yang ada malah disayangkan baju rusak begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya kebalikannya mbak... SMP tenang2 saja... pas SMA agak liar dikit... hehehe....

      wah, moga kedepan makin banyak pelajar yg punya Pemikiran seperti mbak Dewi..... BAJUNYA TAKUT RUSAK... :)

      Delete
  2. Saya juga baru lulus tahun ini nih mas alhamdulilah, tapi gak sampe nginep di hotel kalii.. :p cuma coret-coret doang sama konvoi satu sekolah keliling kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. SELAMAT MAS BROH... SEMOGA LEKAS SEMBUH... EH!

      bagus.... berarti kamu tidak terkontaminasi penyakit hotelisme... gkkgkgkgkgk....

      sELAMAT YAH BROH! semoga teraih segala cita2 mu :)
      amiin...

      Delete
    2. Saya tidak sakit lhoo...

      Iyah kang saya jauh dari kata hotelisme seperti itu :D

      Amin kang.. terimakasih lhooo ya.. hhee

      Delete
  3. Saya dulu pas lulus sma konvoi ke planet mars mas
    Blom pernah kan mas, kacian
    Y udah mz mendingan mz ikut pamer paha j
    Siapa tw ada y muntah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... keren Nik.... elu jadi asap pesawat antariksanya kan??? keren keren keren....
      Gue baru ke planet crypto... planetnya mas SuPARman :)

      Paha gue mulus nik.... kaya bulan bulanan di sawah...

      Delete
  4. Hadeuh ternyata lebih ekstrim tradisinya si mas ini, pkai snack wc sgla :D

    emang sih kalau udah kelulusan mah saya juga lebih deket sama orang tua dibanding dengan si my cin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahahahaaa............

      naahhh itu dia... makanya ke hotel dulu... eh!

      Delete
  5. menurut mereka mungkin hanya beberapa tahun bisa ngelakuin begitu Mas...jadi sayang kalau tidak di meriahkan dengan corat coret baju lagian bajunya dah g kepake ...ini menurut mereka ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu juga salah satu pikiran yg ada di saya waktu konpoi dulu...
      mbuehehe...

      Delete
  6. Dulu sekolah ku corat coret, tiap tahun kaya gitu deh kayanya. Gak ngerti juga kenapa. Dan walau temen2ku pada corat coret, kayanya satu2nya anak yang engga ikutan cuma aku. Alasannya : gak bermanfaat dan pasti kena omelan ortu pas pulang. Hahaha.

    PERCAYA KAN MAS? KAN? MAS? OY!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue sama sekali tidak percaya dengan kata2 dari komentator di atas...
      selugu itu kah dirimu?

      woy... sya...
      wooyyyy!!!!

      Delete
    2. Sueeeeer oy mas oooy! Aku emang lucu. Eh salah, lugu~

      Delete
  7. Merayakan kelulusan boleh-boleh saja tapi ada batasannya kelesss.. :)
    Sebenarnya agak miris juga melihat anak-anak jaman sekarang, konvoi dijalan raya itu kan menganggu ketertiban dan kenyamanan pengguna jalan yang lain. Terus pesta miras juga menurut saya tidak semestinya dilakukan karena tidak bermanfaat sama sekali, ya nggak pemirsa...baru lulus aja sudah begitu kelakuannya..gimana kalau jadi pejabat nanti..weleh...weleh...hik hik hik

    Dan satu lagi, Coret coret baju pake pilok...sebenarnya itu adalah perbuatan mubazir loh...seharusnya biar bermanfaat, berikan atau sumbangkan aja ke adik kelas yg tidak mampu (waktu saya lulus dulu seperti itu, seragam sekolah diberikan keadik kelas yang tidak mampu). lebih bermanfaat toh... kek...kek...kek
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi pak bro, setuju....
      semua memang ada batasannya... nah itu dia, saya lagi bertanya2, siapa yah yg mula2 ngadain tradisi lulusan kek gitu? aku kan terpengaruh dulu.... xixiixixiy
      Konpoi jelas mengganggu, apalagi ketika mereka konpoi, jalur yang mereka lalui (termasuk saya) adalah jalan nasional... coz waktu itu lagi rame2nya arus balik liburan panjang.. so, macet dah!

      Bermanfaat lagi piloknya dikasih ke saya.... buat nge-cat motor CB ini...
      hahahaha......

      Delete
  8. Mas esih bisa ngapak kan ? haha nyong komentare karo bahasa ngapak bae ya haha

    Nek jamanku mbiyen sih, nyong ora melu konvoi, ora melu corat-coret, anu klambi karo celanane tek sumbangna ming sedulurku sih pada arep SMA. Terus kenapa ora melu konvoi, ganu nyong esih bocah cupu hahaha sing isine mung maca buku, merpus, bocah umahan haha fokus go ngejar beasiswa neng unsoed. Alhamdulillah olih beasiswa, kuliah gratis :)))

    Dadi ya tradisi2 kaya kuwe ora berlaku nggo nyong pas jaman lulusan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. astagpirloh....
      jebule kowe ngalim yah fan....
      yakin, top pisan kuweh kowene...

      moga2 akeh sing niru kacamatamu, eh sikapmu maksude inyong...
      wahahahhaaaa.....

      jossss......

      Delete
  9. saya waktu lulus cupu banget, langsung pulang tanpa corat coret dan pacaran. T..T

    ReplyDelete
  10. Saya waktu kelulusan SD, SMP, SMK biasa aja di sekolah hahaha

    ReplyDelete
  11. Kalau coret baju sih masih ada toleransinya, tapi gunting rok sampai paha kelihatan, ga ngerti lagi -.- semoga gunting rok ini gajadi tradisi. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh bu...
      kenapa pahanya dipamerin????
      emangnya saya ndak pengen apa??
      hahahhaa....

      saya juga bingung, itu maksudnya apaan yah?
      hmmmmm

      Delete
  12. Eh iya ya ._. siapa sih yang pertama kali bikin tradisi coret-coret pas lulusan -_- wkwkwkwk miris deh akhirnya -_- aku dulu lulusan nggak pake seragam sekolah :p tapi asal muter jogja cuma buat liat ulah temen-temen satu sekolah konvoi. Hasilnya, sempet liat beberapa adegan 'berantem' dijalan karena konvoi sekolahku ketemu sama sekolah musuh wkwkkw

    Tapi itu yang miris ._. kok setelah lulus malah kawin di hotel -_- semoga itu nggak tradisi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia... lagi dalam tahap inpestigasi... hahahaha...

      waaahhhh.... malah berantem... keren keren...#eh!

      cinta satu malam... gkgkkgkgk

      Delete
  13. waktu lulus mah cuma tratir teman aja, gak coret-coret juga. Itu headlinenya bagus ya di koran banyumas :|

    Jadi makin miris aja anak sekolah jaman sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, semoga ke depan anak2 yg lulus tdk corat coret... tapi saling traktir... biar banyak penjual yg ikut2 an bahagia :)

      Iya itu, headline nya bikin nyeri nyeri sedhap :) Kejadiannya di Kabupaten sebelah... hadeuuhhh....

      Delete
  14. menyambut kelulusan dengan suka cita ya wajar-wajar aja sih ya, selama positif. kalau udahnegatif kayak konvoi terus bikin keributan, sampe nginep di hotel kayak gitu sih... astaga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jef.... mungkin peran serta orang tua, guru dan lingkungan perlu ditingkatkan agar hal2 negatip tsb tdk tjd lagi :)

      Delete
  15. mulai dari lulus SD, SMP sampe SMA saya gak pernah coret coret baju apalagi sampe konvoi. Kayaknya asik deh. Jadi pengen nyoba wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... top dech :)

      iya bu, coba dech sekarang... asyik lho... xiixiixi

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...