Monday, July 18, 2016

HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

Selamat bagi pemirsah yang budiman :)

Masih bersama saya Darsono, blogger keren yang sampai detik ini masih mencari lauk pauk buat sarapan. Hihihiy...

Sembari menungu keajaiban dari langit berupa lauk pauk yang biasanya datang secara tiba-tiba di rumah saya, ada baiknya saya berbagi cerita di pagi yang agak mendung ini. Yupz, pagi ini mendung menggelayuti kota Banyumas lama dan sekitarnya. Akankah hujan turun dengan riangnya? Entahlah. Yang jelas, hujan atau tidak hujan yang jomblo tetaplah jomblo. Tentu saja selagi dia masih tidak berusaha untuk menerima janda-janda tua sebagai kekasihnya. Wkwkwkwk.

Beberapa menit yang lalu seperti biasa saya nganter yayang saya ke tempat kerjanya. Wuih... ramai banget coy jalanannya. Ya iya lah, emangnya kuburan... sepi....

Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah. Dan sesuai dengan anjuran dari Bapak Menteri Pendidikan, diharapkan para orang tua agar mengantar anaknya ke sekolah. Sepertinya anjuran ini cukup berhasil. Terbukti pagi tadi banyak para orang tua yang mengantar anak-anaknya ke sekolah. 

Tentu saja yang SMP dan SD. Kalau yang SMA/SMK mah kayaknya jarang yang mengantar. Mungkin malu kali yak anaknya. Hihihiy.... Atau barangkali, anak-anak setingkat SLTA ini mempunyai slogan yang mirip dengan saya ketika SMA.... "Yeahhh... aku sudah bebas melakukan segalanya!"  *DON'T TRY AT HOME!

Wajah-wajah sumringah terlihat jelas dari mata anak-anak itu. Bukannya saya lebay. Kebetulan saja kalau ada momen yang menurut saya spesial, maka saya perhatikan betul momen-momen itu. Kenapa? Ya untuk diposting di blog-lah. Mbuehehehe...

Tapi ada perasaan lain yang berkecamuk dalam dada ini ketika saya membuka salah satu grup facebook yang saya ikuti. Berikut penampakan salah satu postingan yang muncul di facebook grup tersebut.

Sumber Gambar

Berhubung gambarnya kecil, berikut saya copas postingan yang ada di grup tersebut, "Anak ini tetap gak mau sekolah setingkat SLTP, alasan biaya transport, kasihan nak kamu cuma bisa cerita teman saat SD aja?"

Wah, ternyata di Banyumas ini masih ada generasi bangsa yang tidak dapat melanjutkan ke sekolah setingkat SLTP.

Berdasarkan informasi dari yang ngeposting, si anak tersebut tinggal di daerah dataran tinggi yang memang secara transportasi sulit untuk dilalui. Tepatnya di daerah Bogangin Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Pada kasus ini, sebenarnya dana BOS bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan transportasi. Si anak bisa dibelikan sepeda untuk kerluan ke sekolah. Namun karena akses jalan yang sulit dilalui, ditambah keadaan ekonomi yang juga kurang memungkinkan, maka si anak hanya pasrah.... Sekolah hanya sampai di bangku SD saja :(

Semoga pemerintah dan instansi yang terkait dapat mengatasi permasalahan pendidikan seperti ini.
Bravo anak-anak Indonesia!!!












6 comments:

  1. kalau tidk salah nih kang hari pertama masuk sekolah ada dispensasi bagi PNS untuk libur mengantarkan anak nya sekolah ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih seperti itu...
      tapi kalau di kampung mah udah biasa kok para PNS NGANTERIN anaknya sekolah...
      mungkin kalau di kota itu adalah sesuatu yg ruaarr biasah :)

      Delete
  2. Bener mas macetnya syupeeeeeer :( incess lelah banget hari ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau macet balik lagi ajah sya...
      xixiixixix...

      Delete
  3. Pas baca ini aku jadi kepengen sekolah lagi.
    kangen belajar !!!
    Bersyukur buat kita yang masih diberi kesempatan untuk sekolah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuukkk sekolah :)
      Yupz, tidak semua anak Indonesia mampu mengecap bangku pendidikan sampai tingkat tertentu :)

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...