Sunday, August 21, 2016

BERKEBUN DAN MANFAATNYA

BERKEBUN DAN MANFAATNYA - Assalaamu 'alaikum dan salam penuh cinta untuk sobat semua. Apa kabar? Baik bukan? Yuk kita lanjutkan jogetnya... Berangkat!
:)

Setelah beberapa hari memusatkan perhatian pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, saatnya kembali beraktivitas sebagaimana biasanya.

Untuk pekerjaan, kembali bertemu dengan web Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Sebagai warga negara biasa, kembali bersosialisasi dengan tetangga rumah tanpa embel-embel "persaingan lomba." Hehehe.

Dan sebagai blogger ganteng, kembali dech posting-posting berbagai cerita yang semoga menginspirasi dan bermanfaat buat saudara-saudara semua. Syukur-syukur pada mau berbagi ide, saran dan gagasan untuk menambah perbendaharaan ilmu dan pengetahuan. Yang penting, jangan berbagi kekasih hati ;)


BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Nah, untuk yang satu ini tak kalah pentingnya untuk saya bagi disini. Siapa tahu ada yang mau meniru amal perbuatan saya yang kece ini. Halah! Apa itu? Berkebun :)

Berkebun tuyul apa berkebun janda mas? Pokoknya berkebun! :)

Bagi yang memiliki lahan luas di sekitar rumah, mungkin tidak terlalu sulit untuk melakukan aktivitas berkebun ini. Tapi bagi yang lahannya sempit, bahkan mungkin tak ada lahan kosong bisa jadi berkebun merupakan hal yang teramat sulit bahkan mustahil.

Untuk saya termasuk pada kategori yang masih memiliki lahan yang lumayan lah untuk berkebun. Ada lahan kosong disebelah rumah saya. Tidak terlalu luas sih. Tapi masih bisa dimanfaatkan buat ditanami berbagai macam tanaman. Berkebun mas? Bisa dibilang seperti itu lah. Oh ya, ukuran lahan di sebelah rumah 4 x 12 M.

Sebagai orang kampung, saya sudah terbiasa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan tanam menanam. Almarhum kakek, nenek, dan almarhum ayah saya -lah yang dulu mengajari saya cara memanfaatkan lahan kosong beserta cara menanam dan merawat beberapa jenis tanaman.

Tanaman favorit yang biasa di tanam di lahan sekitar rumah diantaranya adalah cabai, pisang, pepaya dan jambu.

Nah, khusus di rumah saya yang saya tempati saat ini, saya juga menanam beraneka macam tanaman yang menurut saya bermanfaat. Ada cabai, ketela, pisang, kunir, jahe, kelapa, mangga dan pepaya. Khusus pepaya gagal total alias tidak berbuah. Untuk sebabnya masih dalam tahap investigasi petugas rahasia pederal rumah tangga. Mbuehehe....

Berikut penampakan kebun kecil saya :)







BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Kalau menurut saya nih, yang namanya berkebun itu banyak manfaatnya lho. Berikut beberapa manfaat berkebun, tentu saja versi coretan blogger kuper :)

Pertama, Tidak ada lahan yang terbuang percuma. Yupz, dengan ditanami berbagai jenis tanaman, otomatis lahan kosong kita menjadi lebih berguna. Ada hasilnya man!

Kedua, Menghemat biaya belanja rumah tangga. Contohnya tanaman cabai. Tidak perlu susah-susah keluar duit untuk membeli cabai. Lha wong tinggal petik :)

Ketiga, Bisa dijadikan sabagai usaha sampingan. Nah ini dia buat kamu yang senang jualan. Ternyata dengan berkebun kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan uang. Caranya? Tentu saja dengan menjual aneka hasil perkebunan di rumah kita :)

Keempat, Menyehatkan. Kok bisa? Inilah yang saya alami sendiri. Dengan berkebun, maka mau tidak mau badan kita akan terbiasa untuk bergerak setiap pagi dan sorenya, kadang siang juga. Bergerak bagaimana? Ya itu, mulai dari menyiram, menyiangi, hingga memetik/memanen. Khusus menyiram tanaman, saya sengaja menggunakan ember yang agak besar. Kenapa mas? Sekalian buat olahraga tentunya. Angkat beban bro! Mbuehehehe. Tapi jujur, dengan berkebun seperti itu, saya yang saat ini jarang berolahraga, alhamdulillah bisa berkeringat juga tuh layaknya sedang berolahraga lho :) Menyehatkan!

Setelah kalian membaca postingan ini, apa yang terlintas di benak kalian? Mau berkebun? Coba saja ptaktekkan. Semoga bermanfaat.


BERKEBUN DAN MANFAATNYA

Oh ya, buat kamu yang tidak memiliki lahan yang luas, sekarang sudah jaman canggih bro. Bisa kok kamu browsing-browsing via google chrome buat nyari cara berkebun di lahan yang sempit. Sudah banyak lho yang posting perihal berkebun di lahan sempit.

Intinya, jika kamu ada kemauan untuk berkebun, halangan apapun akan bisa kamu lewati. Just click on your google chrome. Cari caranya, praktekkan!

Semoga bermanfaat.

Salam blogger!

Wassalaamu 'alaikum wr.wb.









6 comments:

  1. Mending dijadiin halaman..... Adem buat duduk duduk santai 😊,.berkebun di pasar ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaaaa......
      buat ngademin cewek elu kus!

      Delete
  2. Aku lebih suka berkebun diladang Janda Kembang. Lebih menyehatkan. Pikiran dan badan terasa segar bugar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh....
      komentar Anda bikin saya terkoyak2 :P

      Delete
  3. Didepan rumah saya masih ada lahan kosong komplek, belum dibangun sama pengembangnya, biasanya juga di manfaatkan bapak-bapak komplek buat berkebun singkong dan kemangi hehehehe. Sekarang malah bapak-bapak ya yang hobi berkebun, :D Kalau saya mah nanem bunga aja di depan rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren tuh bapak... memanfaatkan lahan kosong :)

      Iya, di rumahku juga bapak yg hobi banget berkebun. Saya ketularan :)

      Itu juga berkebun bu.... berkebun bunga.. hehehee...

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...