Monday, August 22, 2016

BISNIS TANPA MODAL, ADAKAH? (BELAJAR JUALAN PART 4)

BISNIS TANPA MODAL, ADAKAH?- Selamat malam untuk calon milyarder semua. Malam ini kita akan bersama-sama mendiskusikan salah satu masalah yang biasa terjadi pada pengusaha pemula. Apa itu? Modal.

Beberapa hari yang lalu kita telah membahas tentang ide bisnis. Mau berjualan apa ya? Nah, kira-kira intinya seperti itu. Saya harap setelah membaca postingan sebelumnya, sekarang kalian sudah dapat ide mau berbisnis atau menjual apa. Bagaimana, sudah dapat ide kan?

Jika belum, mintalah saran kepada orang tua, sahabat/teman, pacar mungkin, atau langsung tanyakan kepada seseorang yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia bisnis tentang barang/jasa apa yang bisa kamu jual. Bagaimanapun juga, kamu memebutuhkan teman untuk sekedar sharing perihal bisnis yang akan kamu jalankan tersebut. Siapa tahu mereka punya ide yang lebih bagus lagi daripada postingan saya di blog ini. Ingat ya, ide itu bisa berasal dari mana saja. Dan sekali lagi, jangan terlalu lama! Jika sudah dapat ide, langsung action!


BISNIS TANPA MODAL, ADAKAH?

Pada hakikatnya, tidak ada usaha tanpa disertai modal. Sekedar menggaet janda saja perlu uang buat membelikan rumah beserta mobilnya. Iya gak sih? Mbuehehe.

Dalam bisnis, modal itu perlu. Bahkan sangat perlu. Namun saya kurang sependapat kalau ada yang mengatakan bahwa modal itu segalanya dalam berbisnis. Tidak!

Ada faktor lain yang lebih penting dari sekedar modal. Apa itu? Niat dan kemauan keras untuk berbisnis dan senantiasa belajar bisnis.

Barang siapa bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkannya. Man jada wa jadda. Begitu kalau ndak salah adagium yang pernah saya baca pada salah satu novel islami yang pernah di filmkan itu :)

Setelah saya memposting perihal ide bisnis, sesuai dugaan saya, pastilah akan ada yang berkomentar ataupun sekedar bertanya tentang bab berikutnya. Apalagi kalau bukan modal. Dan benar saja, ada komentar yang menyinggung tentang modal. Sekali lagi, ini sangat tepat dengan dugaan saya. Kayak dukun ya saya? Mbuehehehe.

Memang, modal adalah salah satu persiapan yang harus kita miliki selain ide bisnis tentunya. Saya sendiri pernah mengalami permasalahan yang berhubungan dengan modal ini.

Waktu itu ide bisnis sudah saya dapatkan, tapi justru kebingungan lah yang saya alami. Lha wong saya ndak punya modal. Hehe.

Tapi bagaimana lagi, karena saya sudah berkeyakinan bahwa jualan saya pasti akan berhasil, maka sayapun memberanikan diri untuk mencari modal dengan cara meminjam. Kebetulan ada kenalan saya yang bersedia meminjamkan uangnya.

Selain meminjam kepada teman, saya juga menggunakan modal pribadi dari simpanan tabungan saya. Kebetulan juga harga kaos yang akan saya jual tidak terlalu mahal. Jadi saya bisa membeli beberapa produk kaos yang menurut saya layak untuk dijual kepada anak-anak muda. Oh ya, sasaran saya pada waktu itu adalah anak muda. Maklumlah, produk yang saya jual adalah kaos distro. Kaos yang saya jual saya beli melalui internet alias online.

Dan benar juga, kaos yang saya jual (secara offline) ternyata laku. Tidak sesuai ekspetasi saya. Saya pikir akan laku banyak, tapi hanya laku beberapa saja. Untuk ukuran pemula, menurut saya sih sudah cukup bagus :)


UJIANPUN DATANG BERTUBI-TUBI

Masalah timbul pada beberapa minggu selanjutnya. Beberapa pembeli kaos saya yang membeli secara kredit alias mencicil ternyata tak kunjung membayar kaos yang mereka beli. Bahkan sampai sekarang masih ada yang belum membayar kaos yang dibeli tersebut. Padahal sudah lebih dari empat bulan, bahkan ada yang sudah hampir setengah tahun :)

Mau nagih ndak enak. Tapi kalau ndak ditagih, saya yang ancur :)

Itulah perasaan saya waktu itu. Dilema alias galau!

Cobaan berikutnya datang lagi berupa sering telatnya produk sampai ke tangan saya. Padahal sama penjualnya dikasih tahu kalau barang akan sampai selama tiga atau empat hari. Kenyataanya sampai dua minggu. Bahkan pernah ada yang sampai hingga tiga minggu. Hmmmm....

Bukan itu saja, ada beberapa barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada toko online-nya. Hadeuh... Barangnya jelek broh! *Sungguh terlaluuuu....

Alhasil dari kejadian-kejadian di atas ada dua hal yang mengalami perubahan secara drastis, yaitu perputaran modal dan perputaran produk yang saya jual. Pada akhirnya modal saya habis karena banyak yang ngutang. Stok kaos pun menumpuk karena kualitasnya jelek :)

Berada di titik nol, bahkan minus. Itulah kejadian beberapa tahun yang lalu.

Nah, ketika modal berupa uang saya sudah tak ada itulah saya mulai mencari ide tentang bisnis yang konon katanya tidak memerlukan modal. Adakah?


BISNIS TANPA MODAL, ADAKAH?

Setelah browsing kesana dan kemari, akhirnya saya menemukan metode jualan yang memang benar-benar tanpa modal. Saya memutuskan untuk menjadi reseller dan dropshipper.

Apa itu reseller?

Apa itu dropshipper?

Kalian tinggal googling saja. Sudah banyak para master yang memposting perihal dropshipper dan reseller tersebut.

Intinya, kita menjualkan barang milik orang lain/perusahaan. Caranya gampang, kita tinggal memajang foto produk lalu memasarkannya lewat media sosial seperti facebook, twitter, dan blog. Jika ada pembeli yang berminat, mereka langsung bayar secara cash kepada si pemilik barang (ada juga yang langsung ke kita). Barang tinggal dikirim ke si pembeli. Wah, lumayan mudah dan menghasilkan ternyata. Oh ya, barang yang saya jual waktu itu ada tas, sepatu, jaket dan kaos tentunya :)

Dari jualan sebagai reseller dan dropshipper itulah akhirnya secara perlahan modal saya dari hasil pinjaman tersebut mulai kembali. Alhamdulillah.

Selain reseller dan dropshipper, adakah bisnis tanpa modal yang lainya? ADA!
Beberapa diantaranya yaitu, bisnis afiliasi, jualan artikel di internet, makelar tanah, buzzer dan jualan media sosial (jual akun twitter misalnya).

Namun, apakah bisnis-bisnis itu benar-benar murni tanpa modal?

Jawabannya tentu saja tidak!

 Lha kok? Ya iya lah... Kita tetap membutuhkan modal. Apa itu? Pulsa buat beli paketan internet. Mbuehehe.

Bagaimana? Tertarik dengan bisnis tanpa modal ini?
Jika kamu tertarik untuk mengikuti bisnis ini, silahkan saja ikuti salah satu program berikut ini :
1. Bisnis Afiliasi
2. Reseller

Salam sukses!


6 comments:

  1. BISNIS TANPA MODAL, ADAKAH , ada mas silahkan hub saya mas Dar ....pasti tak jamin jaya usahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow... bisnis apakah gerangan mas boy?
      :)

      Delete
  2. Jadi reseller.. modal pulsa buat paket Internet:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan modal kemauan buat memasarkannya :)

      Delete
  3. Kalau gue, buka bisnis jasa isi film sama jualan pulsa bang huehehehe..... lumayan tuh, walaupun untungnya sedikit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jasa isi film? wah... sip bro!
      Untuk masalah untung meng-untung kan masih bisa ditingkatkan.. sedikit dulu asal berkah ..
      hehehhee.... kayak ustadz yah saya ;)

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...