Monday, August 8, 2016

DAPODIK DAN BLOGWALKING

DAPODIK DAN BLOGWALKING - Assalaamu 'alaikum dan selamat pagi untuk penduduk di mayapada ini. Sudahkah kamu ngopi di pagi ini? Jika belum, sarapanlah!

Karena sarapan bisa mencegah kamu dari rasa lapar. Percayalah... Percayalah! *Sambil melambaikan lidah ;)

Sebelumnya saya minta maaf sama minta roti pada teman-teman blogger yang kebetulan saja dan secara sengaja dalam beberapa hari ini saya belum sempat berkunjung ke blog kalian. Kalau ditanya alasannya, jawabannya sudah sangat jelas dan sangat klise. Apakah itu? Saya lagi nggak klimaks! Halah...

Biasalah, yang namanya tahun pelajaran baru, manusia ganteng dan berkacamata seperti saya pastilah diidolakan oleh seorang penggemar yang bernama laptop :)

Dia selalu menanti kehadiran saya. Gombalan-gombalan saya yang tidak bermutu, atau bahkan cubitan-cubitan mesra saya yang saya buat seolah-olah mesra sekali ternyata juga tidak mengurungkan niatnya untuk selalu menunggui saya saban harinya. 

Bayangkan saja, si laptop ini dengan sangat setianya menunggui saya mulai dari jam tujuh pagi sampai sore. Kadang jam setengah empat, kadang jam setengah lima, Itu baru sorenya! Malamnya, si laptop ini masih dengan setia menemani saya. Biasanya sampai jam satuan tuh si dia nemenin saya.

Wah, alesan sekali mas! Moso ndak bisa blogwalking? Bukankah bisa disambi? *Gludak!


DAPODIK DAN BLOGWALKING

Sudah saya sampaikan di atas, tahun pelajaran baru pastilah banyak pekerjaan baru. Tugas sebagai operator Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) sungguh sangat mengasyikkan dan melenakan. Hehehe. Selain harus memahami proses pengisian beserta tetek bengeknya, kita juga dikejar oleh sesuatu yang bernama garis mati alias deadline. *kaya wartawan tivi sebelah :)

Bagi teman blogger yang belum tahu apa itu DAPODIK, silahkan search di browser kalian. Saya sarankan searchingnya pakai GOOGLE CHROME. 

Kenapa disarankan pakai Google Chrome? Ya karena saat ini  saya adalah Publisher Google Adsense. Mbuehehhee....

Intinya sih, DAPODIK itu adalah sebuah program dari Pemerintah, khususnya adalah Kemdikbud, yang diwujudkan melalui web pengisian. 

Adapun web DAPODIK ini berisi tentang segala hal yang berhubungan dengan sekolah. Banyak banget man!

Ada fitur sekolah, sarana prasarana (Gedung, air, buku dan lainnya), data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan, jumlah rombongan belajar/kelas, jadwal mengajar dan data mantan tentunya... eh! 

Dari tab-tab tersebut, masih banyak tab-tab lainnya yang ada di bawahnya. Sub menu lah gitu :) Pokoknya joss gandos tenan :)


Jika setiap tahun sudah mendata, kenapa diadakan pendataan ulang? Nah itu dia. Yang namanya data pastilah berubah-ubah. Dan beberapa tahun sekali selalu ada pembaruan web DAPODIK. Ini juga kadang yang jadi masalah.

Web baru belum tentu support dengan laptop/PC yang kita miliki. Disitulah kadang saya merasa lapar :)

Ya namanya juga bahasa program, kadang bisa dipahami, kadang juga tidak bisa dipahami. Ya kayak bahasa cinta gue ke elu gitu.... Wwkwkwkwk...

Akhir kata, semoga beberapa hari atau mungkin saat ini , saya bisa nengokin blog kalian yah!
Mbuehehe...

Buat para operator DAPODIK, salam satu data! Bersatu kita teguh, bercerai jangan ke Teguh... Cobalah cari si Emon atau si Sigit. Wkekkekk...

Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan cara berolahraga naik gunung sebanyak tiga kali dalam tiga jam :)

Wassalam.


2 comments:

  1. Bru tahu dapodik. Ke mana saja saya? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... jarang yg tahu memang... yg tahu kebanyakan ya manusia2 yg bekerja di sekolah2 seperti saya ini :)

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...