Wednesday, August 24, 2016

DISARANKAN, CARILAH MODAL DENGAN CARA SEPERTI INI (BELAJAR JUALAN PART 5)

DISARANKAN, CARILAH MODAL DENGAN CARA SEPERTI INI-Selamat sore buat sahabat yang masih setia mencari inspirasi tentang bagaimana mencari modal usaha yang mudah dan tidak begitu njlimet dalam prosesnya. Semoga postingan kali ini sedikit membantu teman semua. 

Baiklah, masih dalam rangkaian tahap persiapan melakukan usaha. Setelah kamu mempunyai pacar, eh pacar, setelah kamu mempunyai ide untuk jualan apa, maka tahap selanjutnya adalah melihat isi kantong kamu. Ada duit gak buat modal? Mbuehehehe.

Kalau benar-benar mentok, tak ada lagi bisa untuk mencari modal maka saran saya, bacalah postingan episode saya yang lalu. Carilah bisnis atau usaha tanpa modal yang banyak. Cukup pulsa, jalanlah usaha itu.


Namun jika kamu masih kekeh harus punya modal dikarenakan kamu lebih menyukai tantangan, atau karena mau tidak mau memang usaha kamu itu memerlukan dana yang cukup besar, maka berdasarkan pengalaman saya, carilah beberapa cara mencari modal dengan cara sebagai berikut :

Pertama, Pakai tabungan sendiri untuk modal usaha. Ini paling aman menurut saya. Disamping kita tidak dikejar-kejar oleh sesuatu yang bernama cicilan, apalagi debt collector (amit-amit jabang bancet), menggunakan modal milik sendiri akan menjadikan diri kita tenang dalam menjalankan usaha atau berbisnis. Kita akan menjadi lebih konsen untuk berkreasi mendapatkan laba yang banyak. Saran saya. lakukan hal ini. Tentu saja jika kamu punya tabungan.

Kedua, Meminjam kepada saudara atau teman. Kenapa harus saudara/teman? Hampir sama dengan alasan di atas. Jika suatu saat kita tidak bisa mencicil misalnya (saya do'akan semoga ini tidak terjadi untuk usaha kita semua sob) maka saya yakin kita akan diberi keleluasaan dalam memberikan cicilan kita. Bukan berarti kita harus santai menyantai lho ini :) Bagaimanapun juga, hutang adalah sesuatu yang akan ditagih baik di dunia maupun di akhirat. Maka kita harus sesegera mungkin untuk memberikan cicilan tepat pada waktunya.

Ketiga, Carilah sponsor atau pemodal untuk usaha kita. Ini bukan berarti kita menjadi karyawan. Bukan! Banyak lho mereka-mereka yang banyak duit tapi kebingungan mau diapakan. CIYUS LHO INI! Salah satu modal yang saya gunakan untuk menjalankan usaha juga dengan cara ini. Cukup sulit memang. Intinya kita harus menjadi pribadi yang terpercaya. Disamping itu, usaha yang kita jalankan adalah juga bisnis yang benar-benar bisa menghasilkan laba yang tidak sedikit alias banyak. Untuk mempermudah mencari usaha dengan cara seperti ini, buatlah portofolio tentang diri kita sendiri dan tentunya tentang usaha yang akan kita jalankan. Ingat, profil usaha dan profil pribadi, bukan profil mantan! Mbuehehehe.

Untuk kerangka portofolionya kurang lebih seperti ini. Jelaskan data diri kamu sedetil-detilnya. Mulai dari nama lengkap hingga hobi. Sebagai catatan, kalau bisa tulislah hobi yang menunjang dengan usaha yang akan dijalankan. Misalnya mau jualan jersey sepakbola, ya otomatis hobi kamu main sepak bola. Masa main gundu? Mbuehehe.

Tulis pula semua akun media sosial yang kamu punya. Saran saya, sebelum kamu membuat portofolio, buatlah akun sosial media sebanyak mungkin. Kenapa? karena akan lebih terlihat profesional dan tentu saja lebih dipercaya oleh si pemodal :)

Jangan lupa juga cantumkan berbagai keahlian ataupun kursus mungkin yang pernah kamu ikuti.


DISARANKAN, CARILAH MODAL DENGAN CARA SEPERTI INI

Sedangkan untuk portofolio usaha yang akan dijalankan tulislah dengan sebaik mungkin, jangan menggunakan bahasa anak layangan :) 

Cantumkan profil usaha kamu mulai dari nama, jenis usahanya, alamat, website/sosial media lainnya (facebook, twitter, G+ dan sebagainya), prospek usaha tersebut (cantumkan ROI nya), sasaran pembeli/pengguna jasa usaha kamu, kondisi geografis usaha kamu, pesaing dengan usaha yang sama atau hampir sama.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa googling perihal portofolio yang baik untuk usaha kita :)

Setelah kalian membuat portofolio, tugas selanjutnya adalah mengajukan portofolio itu kepada orang/instansi yang dituju.

Jika orang/instansi yang dituju memang jauh, bisa dikirim lewat E-Mail. Namun saran saya, temulaih secara langsung orang yang akan kita mintai modal tersebut. Kenapa? Ini akan berdampak positif untuk diri kamu sendiri. Selain lebih menghargai kepada si empunya modal, kita juga akan dipandang lebih serius daripada bertemu secara online :)

Dan ingat, ketika kita bertemu langsung, maka berpenampilanlah secara profesional. Jangan asal-asalan :)

Tunjukkan bahwa kita adalah profesional muda. Calon pengusaha sukses yang berakhlak baik dan ahli dalam bidangnya :)

Itulah saran saya untuk teman-teman yang masih bingung dalam mencari modal untuk usaha yang akan dijalankan. 

"Cuma itu mas? Kok ndak disuruh pinjam ke bank?"

Itu saja dulu yang harus teman-teman lakukan. Untuk urusan pinjam meminjam di bank, ntar belakangan saja. Jika teman-teman serius, saya yakin akan mendapat modal sesuai yang diimpikan. Semoga berkah :)

Sepatu dan tas jualan saya :)


Salam sukses!


12 comments:

  1. carilah modal dengan berusaha tanpa modal #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rezky : Wah, adagiumnya ruarrr biasahhhh :)
      mbuehehhee....

      Bang Djangkaru : aminnnnn.....

      Delete
  2. Kalo minjem sama mas boleh?
    Kalo masnya jadi sponsor boleh juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minjem motor apa minjem bola nak?

      Delete
    2. sponsor bola apa sponsor kasti nak?

      Delete
  3. Kadang punya ide ,tapi terkendala modal.
    Pengen usaha, tapi uang tidak ada.
    Cara yang paling enak seh pinjam sama saudar atau teman. Dengan syarat, bayarnya dengan tempo yang tidak terbatas dan jangan minta bunga atau bagi hasil.
    Nah kalau sudah ada untungnya baru deh, bagi hasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti jadi dropshipper aja bang :)

      Wah, itu gue banget bang... dapet sponsor (teman),,, sistemnya bagi hasil... itupun terserah saya mau kasih berapa..
      jika lagi ndak ada pemasukan, ya ndak kasih bagi hasil bang ;)

      Delete
  4. Dan yg paling penting, ketika memutuskan untuk jadi pebisnis, siapkan mental untuk BANGKRUT! Ciyussss loh inih.

    Mampir sih om ke lapak gw yg atu lagi: www.mefriendsandthecity.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. saya pernah bangkrut bang :)
      pernah saya tulis di blog yang ini
      https://darsonogentawangi.wordpress.com/2015/03/29/tips-menghadapi-kebangkrutan-usaha/

      Kembali ke tekape...

      Delete
  5. Kalo prinsip hidup aku sih ga mau minjem kang.
    sebisa mungkin modal dari sendiri aja.
    tapi kalo nabung kadang lama banget wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren sob...
      paling aman memang modal yg ga pakai utang...
      :)

      lanjutkan!

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...