Sunday, August 21, 2016

USAHA APA YANG COCOK UNTUK SAYA? (BELAJAR JUALAN PART 3)

Assalaamu 'alaikum buat para calon pengusaha yang akan menjadi milyarder semua. Apa kabar? Baik dan sukses! Alhamdulillah :)

Pada postingan entrepreneurship yang lalu, kita telah membahas perihal usaha atau bisnis yang berasal dari hobi kita. Harapan saya semoga para calon juragan semua sudah mendapatkan ide atau bahkan sudah menjalankan usaha berdasarkan hobi yang anda sukai.

Bagi yang masih belum ada gambaran (bahkan titik saja belum,apalagi gambaran) tentang bisnis/usaha apa yang hendak dilakukan, semoga postingan kali ini bisa menjadi inspirasi buat calon pengusaha semua :)

Masih berbicara mengenai ide bisnis, begitulah bahasan kita kali ini.

Bagaimanapun juga, bisnis adalah sesuatu yang serius. Jika tidak berhasil, maka resiko yang akan ditanggung adalah bangkrut. Tolong camkan ini, bangkrut... Bukan MISKIN!

Yupz, bangkrut itu tidaklah identik dengan kemiskinan. Lihatlah betapa banyak pengusaha-pengusaha yang pernah bangkrut akhirnya kini menjadi pengusaha yang kaya raya. Bangkrut adalah resiko. Tapi Resiko lainnya adalah kaya raya :)

Nah, untuk berjaga-jaga dari kebangkrutan, apa salahnya kita mempersiapkan usaha kita sebaik mungkin. Dan salah satu dalam persiapan bisnis adalah mencari bisnis yang sesuai atau cocok dengan diri kita.

USAHA APA YANG COCOK UNTUK SAYA?


Dalam bahasan yang lalu, kita telah membahas perihal hobi yang bisa kita jadikan sebagai pundi-pundi pembawa rupiah ke saku kita. Saya pikir, hobi adalah hal yang paling cocok untuk jenis usaha kita. Tapi jika kita masih bingung dengan hobi kita sebenarnya apa, mungkin beberapa ide di bawah ini akan memberikan gambaran tentang usaha apa yang cocok untuk kita.

Kamu tinggal dimana? Desa? Kota? Pegunungan? Perumahan?
Nah, jika kamu tinggal di desa, cobalah kamu lihat potensi apa yang kira-kira bisa dijual. Sebagai contoh, jika banyak petani di kampung kamu maka ada beberapa jenis usaha yang bisa kamu lakukan. Menjual alat pertanian (sabit, cangkul, alat penggilingan padi), menjual pupuk, menawarkan jasa pengangkutan hasil pertanian (sewa menyewa truk misalnya), atau justru kamu menjadi tengkulak hasil pertanian para petani tersebut.

Selain bisnis di dunia pertanian, masih banyak lho usaha lain yang bisa dijalankan di kampung. Jual pulsa, warung kelontong, jual baju juga bisa. Intinya, perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Jadilah solusi untuk lingkungan sekitar. Cari beberapa kesulitan-kesulitan di lingkungan sekitar kamu. Lalu jadikan kesulitan-kesulitan itu menjadi peluang usaha buat kamu :)

Saya pribadi jualan pakaian distro. Walau di kampung, tapi karena kemajuan informasi, ternyata banyak anak muda yang suka belanja ke distro di ibu kota kecamatan lho. Nah, dari pada mereka jauh-jauh ke kecamatan, maka saya tawari meeka baju-baju yang saya jual yang tentu saja saya jamin tidak kalah dengan jenis pakain yang ada distro-distro ibu kota kecamatan sana :)

USAHA APA YANG COCOK UNTUK SAYA?

Bagi kamu yang tinggal di kota. saya pikir kesempatan untuk berwirausaha terbuka lebih luas. Disamping segala pusat kebutuhan kebanyakan di kota, kota identik dengan budaya hedonik yang serba wah :)

Untuk mencari konsumen saya pikir jika kita bersungguh-sungguh, bukanlah hal yang sulit. Eit, kata siapa? Saya sendiri pernah jualan jamu di kota. Tapi gagal! Nah lho... Priwe kiyeh?

Selain banyaknya kesempatan untuk berwirausaha, di kota juga banyak saingannya lho. Baiklah, lupakan saingan! Konsen pada usaha apa yang akan kita jalankan!

Mungkin kamu tinggal di komplek yang padat penduduk, kenapa tidak jualan pulsa? Sudah banyak! Baiklah, kita cari usaha yang lainnya.

Laundry, jualan nasi bungkus, jualan camilan, jualan es. Pokoknya jualan. Semakin banyak konsumen, maka semakin besar peluang usaha kita untuk sukses.

Mas, saya tinggal di perumahan elit. Usaha apa yang cocok untuk saya? Coba dech jadi guru privat buat anak-anak di lingkungan rumah kamu. Guru mengaji, guru musik, les matematik atau apalah, guru home schooling juga oke :)

Bukankah kebanyakan orang-orang elit terlalu sibuk dengan dunianya sendiri dan terkadang lupa untuk masalah belajar anak-anak mereka :)


USAHA APA YANG COCOK UNTUK SAYA?

Inti dari pembahasan kita malam ini adalah mencari ide usaha dari tempat dimana kita tinggal. Letak geografis, mungkin itulah tepatnya. Jika usaha kamu dijalankan di sekitar rumah atau bahkan di rumah sendiri, saya pikir akan cocok dan menyenangkan buat kamu. Iya kan?

Pokoknya, carilah "masalah" yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian. Dan jadikanlah masalah itu menjadi solusi bisnis buat kalian. Menolong sekaligus dapat uang. Hehehe.

Baca juga : MAU MENOLONG SEKALIGUS DAPAT DUIT? INILAH CARANYA

Oke, sekian dulu bahasan kita kali ini. Setelah membaca tulisan ini, apa yang akan kalian lakukan?

Salam sukses.

Wassalaamu 'alaikum wr.wb.



18 comments:

  1. Ternak uang mas
    Trus uangnya dikawanin biar jadi uang baru
    Misalnya uang lima ribu dikawinin ntar anaknya jadi uang lima puluh ribu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. anak ini emang pinter...
      sekolah dimana kamu nak???

      aku terheru arya nih..
      eh!!!

      Delete
  2. Kalau saya apa yak yg cocok....pengennya sih diem di rumah, tapi duit ngalir..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang bu...
      melihara Niki Setiawan ajah tuh...

      xixixiixixi.....

      Delete
  3. Bhahaha aku sedang mencoba buat berbisnis. Kemarinan sempat konsul sama teman yang buka usaha, ya penjabarannya kurang lebih sama. Mesti ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatiin juga hati aku yah wi.... xixiixixix...

      Yupz, intinya segala sesuatunya kudu dipersiapin.. tapi jangan lama2... soalnya, kata oom Bob, bisnis yg bagus itu adalah bisnis yg dijalankan :)

      Delete
  4. Wah. Jadi awalnya itu dari masalah dulu ya? Hmmm. tertarik banget sih pengin ngembangin sesuatu. hehehe. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di... kayak hidup elu... banyak masalah! hahahhaa...

      ayo kembangkan... sirami... tanami... ayo ayo!

      Delete
  5. Aku orang yg cari aman,jadi sampe sekarang belum mau buka usaha.. gak ada modal juga sih, haha, mau jual jasa juga gak punya keahlian, hikz, usahanya ngeblog aja deh, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, itu juga usaha bu... ngeblog :)
      dulu saya pernah dibayar 2 juta buat bikin blog dan twitter... sekaligus memasarkannya :)

      Saya jadi inget sama mbak ANISA, Beliau bisa dapet bayaran ngereview sampai 500 ribuan ... wah, keren :)

      Delete
  6. Saya juga tinggal dikampung mas, tp kadang bingung juga mau usaha jenis apa, kebanyakan usaha yang telah disebutkan diatas udah banyak yg jalanin.
    Sebenarnya sih, kendala utama modal he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah modal saya juga pernah ngalamin... hehhee...
      saya mengawali jualan online dg menjadi dropshipper dan reseller yang modalnya cuman pulsa :)

      Seiring berjalannya waktu, selain saya modal sendiri, ada masukan modal dari pihak ketiga... Jika dirasa usaha kita bagus, insyaallah ada yg mau bekerja sama dengan kita megenai modal ini :)

      Ayo kang, cari usaha yg mungkin masih bisa dibidik :)
      kalau tidak, kayaknya jadi blogger profesional udah pas tuh buat kang achmad :)

      Delete
  7. Tapi kendala utama yang biasa dihadapi para penguasa (terutama yang pemula) adalah mental.

    Sering saya lihat, banyak temen yang mundur dan nyerah ketika usahanya bangkrut. Makanya mental harus kuat, karena ini yang paling penting. Bener gak ceesku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.... bener ituh broh...
      banyak sekali teman saya yg bertumbangan kaya pohon nangka yg kena angin ribut...
      mental pengusaha memang tak semua memilikinya...
      jos lah ..
      you're right ce esku :)

      Delete
  8. Sampai sekarang saya juga masih mikir nih mas, pengen punya usaha tapi usaha apaan ya? Saat ini sih masih kerja tapi kerja kan ada masanya ya? YA udah deh mau bertapa dulu siapa tau dapat wangsit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mbak Anjar senang menulis.... kenapa gak jadi penulis ajah?
      hehheee...
      #maksa...

      postingan di blognya rapi... panjang dan EYD nya sip banget tuh bu :)

      Delete
  9. sekeliling gw banyak yang mau curhat.. berarti buka pskiater laris kayaknya nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xxixiixiixx...

      tarifnya mulai dari ngebeliin mie ayam dulu... baru ke tarip enternasional... mbuehehehe....

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...