Wednesday, September 7, 2016

PENTINGNYA AKUN SOSIAL MEDIA (BELAJAR JUALAN PART 6)

PENTINGNYA AKUN SOSIAL MEDIA- Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Assalaamu 'alaikum para jutawan semua. Saya sampaikan semangat pagi dan sukses selalu untuk kita semua. Oh ya, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan bahagia tentunya :)

Senang rasanya bisa kembali berbagi pada kolom belajar jualan di blog ini. Harapan saya, selain kita sama-sama sharing dan belajar, semoga kedepan kita juga sama-sama bisa punya banyak isteri... *PLAK!!!

Oh ya, sebelum kita lanjutkan belajar jualan pada bagian ke tujuh ini, sebelumnya saya mau bertanya, apakah sudah ada ide dan modal usaha?

Bagi yang belum semoga secepatnya mendapatkan kedua hal tersebut. Bagi yang sudah dapat ide tapi belum dapat modal, saya doakan semoga secepatnya mendapatkan modal. Bagi yang sama sekali tak dapat ide dan tak dapat modal, saran saya, cobalah untuk sekali lagi dan lagi mohon petunjuk kepada Tuhan untuk mengatasi masalah itu. Ingat, Tuhan adalah jawaban segala pertanyaan. 

Baiklah, kita lanjutkan belajar jualan part 7 ini. Bagaimana? Sudah siap? 

Saran saya, bacalah postingan ini sembari mencicipi pipi pacar kamu... *Gludak!


PENTINGNYA AKUN SOSIAL MEDIA

Setelah ide dan modal sudah kita dapatkan, maka saatnya kita menjalankan bisnis idaman kita :)

Bagi yang baru saja berjualan, tentu saja hal yang pertama kali dilakukan adalah mengenalkan produk yang kita jual itu alias promosi. Iya nggak sih?

Ada berbagai cara untuk berpromosi, mulai dari pasang iklan di media massa, pasang poster/spanduk, keliling langsung (penjual tahu bulet contohnya), dan tentu saja melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan blog. Saran saya, buatlah akun dari salah satu atau bila perlu akun-akun sosial media tersebut. Toh bisa gratisan kan?


JUALAN SECARA OFFLINE ATAU ONLINE?

Berdasarkan pengalaman saya, mau jualan secara offline maupun online, tetaplah yang namanya akun sosial media itu diperlukan sebagai sarana pengenalan dari produk yang akan kita jual.

Jualan secara offline yang saya maksud disini adalah metode penjualan secara konvensional. Halah... apapula itu? Ya jualan sebagaimana pada umumnya penjual, sewa/beli kios atau keliling langsung menemui para pembeli.

Tolong catat ini, jangan pernah meremehkan penjualan secara offline ini. Walaupun bisnis online saat ini sedang naik daun dan naik kuda, percayalah.... Pasar untuk jenis pembeli secara offline ini masih sangat besar.

Tidak semua orang bisa internet. Tidak semua orang juga mau membeli barang secara online walaupun dia biasa menggunakan internet. Faktor trust biasanya menjadi salah satu penyebab para netizen tidak mau membeli barang secara online. Saya sendiri pernah tertipu ketika membeli barang secara online ini. Barang yang ditawarkan ternyata tidak sesuai dengan yang ada di foto dan di keterangan penjelasan barang :(

Selain faktor trust berdasarkan pengamatan saya, ada kecenderungan belanja sembari refreshing. Tak heran jika mall-mall bukan hanya sekedar menjual barang-barang kebutuhan primer saja saja, tapi juga sudah menjual kebutuhan primer berupa tempat-tempat untuk bersenang-senang/rekreasi. Misalnya kolam renang anak dan taman bermain di mall :)

Yakinlah, sistem penjualan secara konvensional atau offline masih sangat menggiurkan bagi para pebisnis di negeri ini. Bahkan saya saja, masih menjalankan usaha secara offline seperti ini. Lucunya, ternyata penjualan paling laris dari pakaian distro saya adalah lewat penjualan secara offline ini :)

Walaupun begitu, tetap saya sarankan agar teman-teman yang hendak menjalankan usaha, apapun itu minimal sekali mempunyai akun media sosial. Saran saya, buatlah facebook. Kenapa facebook? Karena pengguna facebook ini sangat banyak. Demografinyapun sangat menjanjikan. Muda, tua, orang kota, orang desa, ABG, dewasa, orang tua, bahkan anak-anak yang seharusnya tidak boleh memiliki akun facebook (ingat, pemilik akun dibatasi usia lho) ternyata mempunyai akun juga dengan cara memalsukan tanggal lahir mereka. Hehehe.....

Selain itu, facebook memiliki model komunikasi yang sangat menjanjikan. Maksud saya seperti ini, penggunaan di facebook untuk berkomunikasi lebih mudah dari pada menggunakan akun lainnya, twitter misalnya. Iya ndak sih?

Itulah kenapa saya sangat menyarankan kepada teman-teman calon pengusaha untuk memiliki akun facebook. 

Selain facebook, saran saya selanjutnya adalah milikilah smartphone. Selain bisa digunakan untuk ber-facebook ria, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi lainnya seperti BBM. LINE dan WA untuk mengenalkan produk kita

PENTINGNYA AKUN SOSIAL MEDIA

Akun sosial media ini sangat sangat dan sangat membantu sekali dalam kegiata pengenalan produk kita. 

Ketika ada pembeli yang datang ke rumah saya, saya tanya kepada mereka, "Kok mbak/mas tahu kalau saya jualan kaos distro?"

Apa jawaban mereka?

"Dari facebook mas!"

*PLAK!!!

Gemana, masih berpikiran untuk TIDAK membuat AKUN FACEBOOK?
Upz hampir lupa, facebook mempunyai kebijakan dalam penggunaan facebook, termasuk larangan untuk penjualan. Bisa-bisa akun kalian dibanned lho :)

Jika kita ingin berjualan di facebook, maka buatlah halaman ataupun grup jualan. Wah, kok rumit mas? Santai saja.... Gunakan trik yang saya gunakan di facebook sebagai cara untuk mempromosikan jualan kita. Apa itu mas? Buatlah foto sampul yang "menjual".

Masih ada sebenarnya trik-trik untuk mempromosikan jualan kita di facebook ini. Jika berkenan, lihat saja facebook saya. Saya bikin facebook saya bisa dilihat semua orang kok. Jadi walaupun kalian tidak berteman dengan saya, kalian bisa melihat postingan-postingan saya termasuk postingan pengenalan bahkan penjulan... upz.... di facebook saya :)

Ini penampakan facebook saya :



Mau jualan secara online maupun tidak, tetap yang namanya MARKETING ONLINE harus berjalan beriringan :)

Disitulah arti peran media sosial. Tetaplah ia merupakan senjata ampuh. Baik kalian berjualan secara nongkrong di trotoar maupun jualan secara langit di dunia maya, tetaplah akun-akun media sosial diperlukan guna kepentingan usaha kita.

Oh ya, sekedar pemberitahuan, sebelum saya berbagi pengalaman tentang usaha di blog ini, sebelumnya saya juga berbagi pengalaman mengenai penjualan pada blog saya yang sebelumnya. Bagi yang mau belajar lagi tentang bisnis online, silahkan kunjungi blog saya pada alamat URL ini http://www.amalanampuh.com/search/label/CARA%20AMPUH%20JUALAN%20ONLINE.


KESIMPULAN : 

"MAU BERJUALAN SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE, TETAPLAH AKUN SOSIAL MEDIA ITU DIPERLUKAN GUNA KEPENTINGAN USAHA KITA. MINIMAL SEKALI ADALAH SEBAGAI ALAT UNTUK MENGENALKAN PRODUK YANG KITA JUAL"

Setelah kalian membaca postingan ini, apa yang akan kalian lakukan?
1. MEMBUAT AKUN MEDIA SOSIAL
2. TIDAK MEMBUAT AKUN MEDIA SOSIAL
3. MENIKAH LAGI... uPZ!


Wassalam...

Salam sukses!








4 comments:

  1. Wah itu halaman ya mas ? halaman pada akun sosial media sangat penting untuk media promosi gratsi hanya mengandalkan paket saja :-) mas berbgi dong gimana sih agar banyak yang like fanspage kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kok pen... fb page ku bukan yg itu.
      kalau itu akun personalku pen....

      Kalau saranku, justru kamu buat grup saja pen... jangan halaman :)

      Tapi kalau kamu udah telanjur bikin page ya gak papa...
      Jualan ama sih pen kamu?

      Kalau jualan produk herbal, alangkah baiknya kamu bikin Page yg berkenaan dengan manfaat tanaman herbal. Konten atau isi Page nya jangan terlalu banyak promosi... Tapi isi dengan konten2 yg bermanfaat buat pembacanya....

      Saranku sih 70% konten kamu harus berisi hal2 yg bermanfaat/hiburan... selebihnya isilah dg produk2 jualan kamu :)

      Delete
  2. yup bener mas...., media sosial sekarang sangat penting, apa lagi sekarang uda ada smartphone, jadi orng lebih suka belanja online dari pada offline...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berselancar sembari belanja...
      hehehe...

      kemudahan mjd salah satu faktor pertimbangan belanja scr online...

      Smartphone ternyata mampu mengubah aktivitas kehidupan kita yah jeng?

      Delete

Ini adalah tempat ngeluarin uneg-uneg.
Monggo yang mau nyerocos, saya persilahken :)

Oh ya, link hidup terpaksa saya cubit lho ...